Itinerary Sederhana Liburan 3 Hari ke Singapore Buat Pemula

16 Juli 2019

Berbeda dengan artikel seputar traveling yang aku pernah tulis sebelumnya, kali ini aku menulis sesuatu yang belum aku jalani alias masih aku rencanakan. Bagiku, sebelum traveling, itinerary adalah salah satu hal yang wajib banget dibuat.

Untuk liburan jarak dekat aja biasanya aku membuat itinerary, apalagi untuk jarak yang jauh seperti luar negeri. Aku bakal share nih rencana liburan yang aku bikin. Rencana awalnya sih tahun baru nanti di 2020, tapi bisa jadi maju ke akhir tahun 2019 ini. Jadi kapanpun berangkatnya, itinerary aku udah siap. Mungkin bisa kalian tiru.

itinerary singapore

Pemesanan Tiket Pesawat


Sebelum ke itinerary, hal yang paling utama dan lumayan menyita budget adalah tiket pesawat. Tiket pesawat dari Jakarta ke Singapore itu terkenal murah. Malah lebih mahal perjalanan domestik.

That’s true, tapi sayangnya aku nggak dari Jakarta. Aku jauh.. dari Banjarmasin Kalimantan Selatan. So, tiket awal yang harus aku beli adalah Banjarmasin - Jakarta. Aku pilih penerbangan di hari kerja dan menggunakan Lion Air. 

Harga tiket pesawat termurah yang aku dapat ada di angka Rp1.084.600 yang aku cek melalui aplikasi PegiPegi. Aku bakal milih penerbangan di jam 10:55 - 11:40. Waktu yang pas menurutku.

tiket pesawat


Lalu dari Jakarta ke Singapore, aku cek harga tiket pesawat murah ini via PegiPegi Rp800.000, ini juga harga di week day. Aku bakal pilih penerbangan dengan jam terbang 13:45 - 16.30. Kurasa itu jam yang paling pas.  

tiket pesawat


Sebenarnya, ini bukan harga valid ya karena bisa jadi dia berubah lebih murah karena ada promo tiket pesawat nantinya. Ini hanya aku maksudkan sebagai taksiran terlebih dahulu.

Nah, sedangkan untuk pulangnya, harga tiket pesawat online-nya tentu beda kan. Tapi nggak akan terlalu jauh juga bedanya. Jadi aku totalkan untuk tiket pesawat 2 orang pulang pergi nanti adalah senilai Rp3.769.200.

Day 1: Sentosa Island




Apakah cuma 1 destinasi saja? Tentu tidak. Cuma secara besarnya bisa disebut hanya Sentosa Island. Jadi di sini, ada berbagai macam tempat wisata yang bisa dikunjungi. Wajar banget dong kalau kita menghabiskan 1 hari full untuk bisa eksplor tempat ini.

Destinasi yang paling wajib ketika berada di Sentosa Island adalah Universal Studio Singapore. Tentu saja kan. Lalu di sana nanti aku juga pengen banget nih menaiki Singapore Cable Car. Selain itu, aku juga pengen berkunjung ke S.E.A Aquarium yang masih berada di Sentosa tentunya. 

Day 2: 


Marina Bay Sands



Selain Universal Studio, Singapore juga terkenal dengan Marina Bay Sands yang sungguh ikonik. Sering dong aku liat ini di story ataupun feed orang-orang dengan bangunan unik dari area ini.

Ada banyak sekali fasilitas yang ada di sana yang tentu saja mesti dicoba semacam Sands SkyPark, The Sands Expo, ArtScience Museum, and many others. Kalau bisa sih aku mau mencoba yang SkyPark. Itu semacam yang harus sih kalau bertandang ke Marina Bay Sands ini.

Esplanade


Esplanade

Nggak jauh dari sana, ada satu lokasi lagi yang wajib banget masuk itinerary aku. That is Esplanade. Ini merupakan gedung konser yang kelas dunia. Kita bisa menikmati show gratis dan galeri seni yang tentu saja keren banget.

The Singapore Flyer

the singapore flyer


Masih di lokasi yang berdekatan, rasanya bakal asik banget deh kalau aku mencoba The Singapore Flyer. Kamu tentu pernah dong melihat bianglala raksasa yang biasanya selalu disorot oleh kamera traveler. Yeap, itu adalah The Singapore Flyer. Kayaknya bianglala ini bakal lebih seru kalau dinaiki pada malam hari.  

Day 3: Mustafa Center, Haji Lane, Arab Street


Arab street


Hari terakhir biasanya selalu dihabiskan dengan berbelanja oleh-oleh untuk pulang nanti kan? Nah, aku pun merencanakan itu dan memilih 3 tempat yang kayaknya pas banget nih dijadikan tempat buat get the souvenir. 

Selain itu, lokasinya juga instagramable banget. Pasti bagus banget buat menghiasi feed aku nantinya. Untuk price suvenir, aku belum ada cari informasinya. Tapi yang jelas, aku menerapkan budgeting dan bakal commit. Jadi ga bakal kecolongan.

Well, itu dia itinerary aku yang sangat sederhana. Kenapa aku bilang sederhana? Tentu saja karena itinerary ini tidak terperinci dengan info jam, makan siang dan tempat menginap. Tapi, itinerary aku ini nggak akan aku tinggalkan gitu aja. Aku akan menyempurnakannya pelan-pelan sambil cari-cari informasi juga.

Oh ya, list destinasi wisata di atas juga tercipta karena bantuan salah seorang temanku yang tinggal di Singapore. Thanks a lot ya karena udah bantuin jawab pertanyaan-pertanyaan dari aku. So, apakah tulisan ini sudah bisa sedikit membantu kalian?

25 komentar

  1. Wah, Mbak Eca punya teman yak di Singapur? *salah fokus*

    Hmmm, untuk tiket pesawat pulang pergi saja kita harus menyiapkan perkiraan dana segitu ya? Itu juga kalau pergi sendiri, belum lagi bawa serdadu. Saya nabung dulu deh, hiks. Etapi dinoted dulu nah info-info destinasi wisatanya. Siapa tahu suatu hari nanti kami sekeluarga bisa beneran pergi ke Singapura. Aamin.

    BalasHapus
  2. Setuju.kalau mau pergi harus pakai perencanaan n kalau bisa detail.
    Tulisannya membantu banget eca. Semoga 2020 bisa liburan kesana juga..

    BalasHapus
  3. Tiket ke singapura lebih murah ya dibanding ke jakarta wkwkwkwk. Ah singapura itu menarik. Bersih. Kapan ya kawasan kita bisa bersih dari sampah juga.

    BalasHapus
  4. masuk ke esplanade berapa sih? Oh ya, ada info penginapannya juga kah?

    BalasHapus
  5. Biasanya klo turis indo luar negri prtama yg di kunjungi ya singapore ya, karena g jauh dri indo hehe Wisata disni jg menarik ya, tp syg ktanya mkanan di singapore mahal2, smoga nnti ad wktu buat ke singapore ini hehe

    BalasHapus
  6. Singapore emang rapi banget.. Bahkan jalan-jalan malampun nggak kuatir. Kemarin Backpacker kesana, meski sebentar, tapi berkesan. Insya Allah kesana lagi, next time.

    BalasHapus
  7. Duh saya mupeng banget ingin ke SG juga nih, huhuh mudah2an secepatnya bisa ke SG sama anak dan suami, aamiin. Thanks yah itinerary nya. Ku save ah.

    BalasHapus
  8. Cuss buruan ke singapura ca, apalagi sekarang harga tiket sudah pada turun ya yang domestik

    BalasHapus
  9. Wah... Pas banget nih buat gambaran aku, lagi punya rencana buat travelling bareng suami dan anak-anak.

    BalasHapus
  10. Jadi kangen Singapura mbak, kemarin sempat beberapa kali jalan bareng teman. Semoga dalam waktu dekat bisa jalan bareng keluarga mbak.

    BalasHapus
  11. Cukup banget ya explore banyak tempat dalam waktu 3 harian, asyik banget nih.
    Nyusun itinerary itu emang penting ya, biar nggak ada waktu terbuang percuma :)

    BalasHapus
  12. yang perlu di inget tuh ... sebelum traveling, itinerary adalah salah satu hal yang wajib banget dibuat sebelum traveling. Apalagi dalam pengecekan harga peswat harus teliti untuk penghematan kantong

    BalasHapus
  13. jangan lupa ziarah ke maqam habib noh juga ☺️ dan paling enak jalan ke singapore itu pake MRT 😍 cumaaa kalo ke Singapore itu emang surga belanja sih 😆 harus bawa extra budget buat belanja

    BalasHapus
  14. Kalo tiket lg murah pengen rasanya ke Singapore jg. Keren2 tempat wisatanya. Duh, kapan ya bisa kesana

    BalasHapus
  15. Thankyouuu ca udah berbagi.
    Pengen bet ke sana cuma takut uangnya bak cukup dan tiketnga ternyata gak terlalu mahal ya dr bjm 😄


    Salam,

    www.rizkyashya.com

    BalasHapus
  16. Membantu sekali mba, biasanya aku ga berani jalan2 sendirian pas ikut suami kerja ke luar negeri termasuk singapore. Tapi itinerary yang dibuat bikin aku jadi ingin ikut2 kalo suami ada kerjaan keluar. Asik dan seru buat foto2 ya tempatnya.

    BalasHapus
  17. Yup, bikin perencanaan saat mau traveling memang penting. Suami dulu pernah ke Singapore, saya belum. Lihat rekomendasi tempat di atas, saya juga pengen ke semua tempat yang direkomendasikan. Memang kalau sehari enggak akan cukup ya, minimal 3 Hari oke lah

    BalasHapus
  18. Ini masing-masing letak destinasi wisatanya jauh kah?
    Karena sehari 1 destinasi, kebayang alokasi waktu sepanjang hari.

    BalasHapus
  19. Dari destinasi2 di atas, cuman esplanade yg baru Aku dengar mom .Bentukany unique yaa, penasaran msaa dalamnya deh.

    BalasHapus
  20. Huhu, Kepengen banget deh ke Singapore. Gak diajak aja aja aku sama suami. Abisnya emang sambil kerja. Hehehe.. semoga nanti mah bisa ikut. Dan main ke tempat-tempat di atas

    BalasHapus
  21. Kalau dari Banjarmasin belum ada yang langsung ke Singapore ya mbak? Harus transit Jkt dulu? Aku nunggu diskonan dulu deh pesawatnya hihihi.
    Lokasi yang mbak sebutkan itu emang lokasi wajib kunjung kalau ke Singapore yaaaa. Tengkyu infonya :D

    BalasHapus
  22. Pas banget aku juga lagi nyari-nyari referensi perlajanan liburan ke singapura.
    Langsung deh searching-searching tiket murah ini.

    BalasHapus
  23. Tempat wajib banget untuk dikunjungi saat ke Singapore ya mbak, aku pun awal dulu ke Singapore juga gitu. Kalau sekarang huntingnya tempat ngopi aja dan museum.

    BalasHapus
  24. Wuahhhh sungguh bis jadi guidance aku nih kalo next mau liburan k SG.

    BalasHapus
  25. wah, noted.
    Keren keren banget tempatnya

    BalasHapus

Hi,
Kalau ingin berkomentar menggunakan opsi akun Google, pastikan profile blogger kamu berstatus publik (bisa dilihat orang lain).

Jika tidak, maka nama kamu akan di-display menjadi "Unknown" dan mohon maaf, komentarnya tidak bisa aku approve dan balas karena menyebabkan broken link.

Thanks