Review Mineral Botanica Brightening Masque New Formula + Charcoal Activated

19 April 2020

charcoal mask mineral botanica


Masker merupakan salah satu jenis skincare yang sejak dulu wajib banget digunakan secara rutin. Dari banyaknya jenis masker, charcoal mask adalah salah satu masker yang nggak bisa ditinggalkan. 

Siapa sih yang nggak tahu bahan charcoal atau arang ini. Charcoal adalah kandungan yang paling tepat dalam produk kecantikan kalau tujuannya untuk membersihkan.

Nah, kali ini aku mau review salah satu produk charcoal yang aku suka yaitu Brightening Masque New Formula + Charcoal Activated dari brand lokal Mineral Botanica.

Packaging


Mari mulai dengan bahas kemasannya, like usual. Aku punya yang kemasan 60 gr. Kemasannya tube. Untuk size ini, aku ga merasa dia makan tempat. Masih gampang banget buat diselipin di tas kecil misalnya atau pouch kecil.

Dari segi desain, aku suka banget. Di depan kemasan sudah tertera dengan jelas itu jenis masker apa dan apa kegunaan serta keunggulan dari produk tersebut. 

Tekstur


Namanya juga charcoal ya, warnanya pasti hitam pekat. Lalu dia lengket dan kalau dituang, harus segera diaplikasikan ke kulit wajah karena dia cepat kering.

Produk ini wangi banget lo dan awet banget bahkan setelah masker dilepas. Tapi wangi di sini bukan wangi yang strong dan menggangu ya. Wanginya soft, enak tapi tahan lama.

charcoal mask

Ingredients


Nah, untuk kamu yang suka ekstra selektif dengan sebuah produk, ini nih informasi kandungan yang ada di dalam produk tersebut. Aku kasih dalam bentuk gambar aja ya. Kamu bisa zoom gambarnya for the detail.

mineral botanica


Kandungan yang di-highlight dari produk ini adalah charcoal activated yang berfungsi untuk membersihkan dan mengangkat kotoran, licorice extract untuk mencegah pigmentasi, dan adansonia extract dan allantoin yang mampu melembapkan kulit. 

Intinya sih, Mineral Botanica Brightening Masque New Formula + Charcoal Activated ini terbuat dari bahan pilihan yang sudah di-combine sedemikian rupa untuk memberikan produk yang bisa totalitas dalam mengangkat kotoran. 

Klaim

  • Removes embedded dirt (menghilangkan kotoran)
  • Easy peel off (mudah dilepaskan)
  • Dries quickly (cepat kering)
  • Minimizes pore (memperkecil pori-pori)
  • Brightening (mencerahkan)


Cara Menggunakan


Kayaknya sih hampir semuanya tahu ya cara menggunakan masker charcoal itu kayak gimana. But in case ada yang baru coba atau yang selama ini salah step dalam menggunakannya, jadi aku infoin aja ya cara menggunakan yang benar seperti apa.

  1. Sebelum memakai, pastikan wajah kamu sudah dibersihkan.
  2. Oleskan masker per part. Jadi mulai dari dagu dulu misalnya, fokus di situ dulu sampai rata baru pindah ke part wajah yang lainnya.
  3. Jangan oles terlalu tipis. Kalau yang ketiga ini tergantung preferensi masing-masing sih. Intinya jangan sampai terlalu tipis ataupun terlalu tebal.
  4. Diamkan selama 15-20 menit saja. Kurang lebih sedikit nggak papa ya asalkan masker sudah benar-benar kering di semua bagian.
  5. Lepaskan masker dari pinggir secara perlahan.
  6. Bilas wajah dan bersihkan sisa masker dengan air hangat. 


Result


Ini kondisi wajah aku ya sebelum memakai produk kulit terbaik dari Mineral Botanica ini. FYI, tipe kulitku itu kering. Ini bare face aku ya di pagi hari saat belum menggunakan produk apapun selain lip glaze. 

Aku take picture ini pakai iPhone 6 tanpa edit. Di-take indoor di dalam kamar. Jadi cahayanya berasal dari cahaya lampu.

produk kulit terbaik


Terus, aku jadi pahlawan bertopeng, hehe. Durasi waktu yang aku habiskan untuk meratakan maskernya itu bentar banget. So, ini menurutku easy to blend. Aku blend pakai tangan soalnya aku kurang suka memakai kuas masker untuk tipe masker peel off.

halal kosmetik mineral botanica


Nah di bawah ini penampakan wajah aku after pemakaian. Agak sedikit susah mungkin kalau dibandingkan dari foto ya, cuma yang aku rasakan pertama kali setelah bilas wajah aku dengan air hangat adalah kulit jadi lebih cerah. Keliatan nggak sih di foto itu? 

masker charcoal


Kalau ngerasa lebih bersih itu pasti ya. Di bagian hidung dan sekitarnya juga terasa banget perubahannya dari awalnya yang pas disentuh kerasa agak kasar sampai jadi lembut dan halus.

Then, ini foto setelah maskernya aku lepas ya. Kalau ada yang nanya, apakah produk ini bisa mencabut komedo? Jawabannya bisa banget. Itu komedo aku juga pada kecabut. Keliatan nggak?

masker wajah mineral botanica


Itu banyak lo yang keangkat, cuma memang komedo aku kecil-kecil gitu. Semoga fotonya jelas ya.

Terus, seperti yang aku tulis sebelumnya kalau aroma dari masker wajah Mineral Botanica ini tuh semerbak banget. Tahan lama dan enak banget.

Oh ya, produknya juga sesuai dengan klaimnya ya yaitu cepat kering. Aku hitung waktunya, memang seperti anjuran, 15-20 menit itu sudah bener-bener bisa kering secara merata.

Pemakaian produk ini secara teratur pasti bisa menjaga kulit tetap cerah, bersih dan bebas komedo. Ngelepasinnya juga mudah banget. Nggak mudah robek juga. Jadi, melepas dari atas ke bawah, atau samping kiri ke kanan, aman banget.

Note These!


Informasi tambahan buat kamu, produk ini tuh termasuk 1 dari banyak sekali halal kosmetik lo. Terus pembuatan produk ini juga nggak melalui tes ke binatang.

Di belakang kemasan, ada tertulis PAO 6 MONTHS. Nah, FYI aja nih, PAO singkatan dari Period After Opening. Simbol itu menunjukkan ketahanan produk setelah dibuka. 

Jadi, si charcoal mask yang satu ini mampu bertahan dalam kondisi terbaiknya selama 6 bulan setelah kemasan dibuka. 

Harga


Dari segi harga dan kalau dibandingkan dengan performanya, face mask Mineral Botanica yang satu ini tergolong affordable lo. Harganya itu cuma Rp56.900,00. 

Kamu bisa lihat langsung di website resmi mereka atau kepoin dulu di Instagram @mineralbotanica.


30 komentar

  1. Charcoal ini banyak banget ya manfaatnya buat kesehatan dan kecantikan kulit.

    BalasHapus
  2. Wah pinginnnn
    Saya punya masker serbuk, jadi suka males karena ribet
    Ternyata ada dalam bentuk tube, harganyapun terjangkau
    Beli ah

    BalasHapus
  3. beneran hitam pekat ya warnanya.
    Saya sudah coba beberapa produk yang mengklaim mengandung charcoal (pasta gigi, facial foam dan masker) tapi warnanya nggak sehitam itu, malah bukan hitam tapi abu-abu

    BalasHapus
  4. Ngga cuma hati, kulit wajah juga membutuhkan makanannya ya ka.. nah salah satu makanan kulit wajah ya masker, masker yang bisa membuat kulit wajah ngga hanya segar juga sehat, seperti mineral botanica masque ini

    BalasHapus
  5. Hasilnya kelihatan banget sih Kak, jadi keluar gitu komedonya. Terus jadi kelihatan lebih lembab gitu ya. Hasil kameranya mantul banget Kak Eca hehe

    BalasHapus
  6. Saya follow dulu blog nya 😊
    Yess
    Harus coba nih. Harganya juga standar ya. Biasanya kalau Pakai masker tuh kulit berasa lembab dan fresh. Kulit mati dan kotoran terangkat dan pori-pori mengecil.

    Jadi mudah kalau di make up ya. Kepoin IG nya ah....

    BalasHapus
  7. Waaaa aku suka banget coba aneka produk charcoal. Rasanya keset banget setelah pemakaian. Bersih! Thx reviewnya kak, aku bakal coba nih

    BalasHapus
  8. Dari dulu aku paling males maskeran huhuhu. Tapi penasaran sama ini lho, belum pernah nyobain masker peel-off soalnya sejauh ini. Apalagi dia bisa sekalian ngangkat komedo, dan harganya juga di 56 ribuan ya. Udah gitu walau hitam pekat tapi aromanya lembut. Dari foto before dan afternya aku merasa iya lebih cerah wajahnya deh :)

    BalasHapus
  9. Wow asik ini selama di rumah aja pakai maskeran. aku juga ini biar wajah jadi fresh dan bersinar lembut pakai masker an

    BalasHapus
  10. Harganya lumayan murah ya, Mbak. Sekarang masker jenisnya banyak banget, tapi untuk yang dibuat dari bahan charcoal saya belum pernah coba. Penasaran juga gimana hasilnya kalau dipakai rutin. Terima kasih review-nya :)

    BalasHapus
  11. Wah, ternyata peel of mask activated charcoal gini bisa bikin kulit cerah ya, aku juga dulu senang banget peel of mask, setelah pakai wajah jadinya terasa jauh lebih bersih karena komedo dan sel-sel kulit mati jadi ikut keangkat.

    BalasHapus
  12. Pas banget lagi cari peel off mask nih. Biasanya sih pakai Freeman tapi nanti mau coba Mineral Botanica Brightening Masque New Formula + Charcoal Activated ini ah.

    BalasHapus
  13. Kok racun bangeeeetttt. Aku udah lama eyeing produk ini sih, kata temenku juga enak. Kayaknya aku harus coba juga sih, harganya juga gak terlalu mahal buat ukuran masker dengan kualitas kayak gini🤭

    BalasHapus
  14. wkwkw baca ini aku jadi tertarik buat beli.
    Jujur nggak pernah pake masker yang peel off gini, biasanya yang lembaran gitu lho.
    Aku tertarik nih karena dibilang bisa mengangkat komedo. ZZzzZ komedo di hidungku banyak beut.

    BalasHapus
  15. Wah kalau bisa ngangkat komedo sekaligua ngelembabin gitu aku mauuuuuu. Soalnya aku butuh nih buat muka aku. Muka aku kering tapi juga komedoan. Jadi susah nemu masker yang cocok buat wajah aku. Jadi pengen coba ini ikh.

    BalasHapus
  16. harganya masuk ringan di kantong ya, apalagi ini bisa dipakai beberapa kali kan ya, beda dengan sheet mask gitu hihih.
    pengenlah cobain masker ini juga kapan-kapan. :)

    BalasHapus
  17. Eh lumayan ekonomis ini Mba.. harganya 59.500 ya.. bisa berkali pake juga..
    Kali diitung-itung lebih irit daripada pake plester komedo ya.. tapi hasilnya lebih baik masker Charcoal donk..

    BalasHapus
  18. Aku selalu penasaran loh kak sama produk ini. Kalo untuk pemula kira kira yang wajib dicobain pertama yang apa ya kak?

    BalasHapus
  19. Hasilnya bagus ya, komedo ikut pergi setelah pakai masker ini. Seumur-umur saya belum pernah maskeran, hehe ... kayaknya perlu coba juga sesekali

    BalasHapus
  20. Akhh keren banget mineral botanika untuk maskernya, harganya terjangkau tapi manfaatnya seperti produk mahal. Terimakasih informasinya..aku butuh banget masker ini

    BalasHapus
  21. Mantap nih maskeran bisa sekalian angkat komedo juga. Duh jadi penasaran sama produk Mineral Botanica Brightening Masque New Formula + Charcoal Activated ini. Etapi masa pemakaian setelah dibuka hnaya 6 bulan ya. Berarti harus rajin diaplikasikan biar nggak rugi nih.

    BalasHapus
  22. Wah...pakainya mudah ya, jadi tertarik mau nyobain soalnya aku males pakai masker yang ribet-ribet, padahal masker memang penting banget untuk mengangkat kotoran dan kulit mati pada wajah, lagian harganya juga ngak mahal kok...cuss ah beli

    BalasHapus
  23. Nah aku suka kalau mudah mengering dan juga bisa membersihkan kotoran, mba

    BalasHapus
  24. Charcoal ini emang bagus ya buat merawat wajah.
    Pas banget, aku lagi cari masker ni..
    Btw mineral botanical ini produk lokal favorit aku, biasa pake bedak dan lisptiknya

    BalasHapus
  25. Charcoal nih bahan kosmetik yang ngehits sejak 2019 ya kalo ga salah.. Hihihi.. maklumlah saya suka kudet kalo soal skincare. Btw masker nih wajib pake minimal 1-2 kali dalam seminggu kalo mau kulitnya sehat terawat.

    BalasHapus
  26. Daku belum pernah kak Eca pakai masker carcoal, takjub melihat bisa dibuka dengan mudah gitu maskernya, hihi, maaf ndeso 🙈

    BalasHapus
  27. Penasaran deh jadi ngangkat kotoran gitu ya, nti kepoin aahh

    BalasHapus
  28. Aku udah beberapa kali gonta-ganti masker. Dan sekarang udah jarang banget make masker. Kayaknya yang satu ini boleh dech dicoba lagi. Hehe

    BalasHapus
  29. Wah keren nih. Masker tapi juga bisa bersihin komedo juga.

    BalasHapus
  30. Bagus nih mbak krn bisa angkat komedo, saya ada komedo, udah nyobain macem2 produk blm ada yg cocok. Smg yg ini cocok

    BalasHapus

Hi,
Kalau ingin berkomentar menggunakan opsi akun Google, pastikan profile blogger kamu berstatus publik (bisa dilihat orang lain).

Jika tidak, maka nama kamu akan di-display menjadi "Unknown" dan mohon maaf, komentarnya tidak bisa aku approve dan balas karena menyebabkan broken link.

Thanks