Mengenal Neo, Aplikasi Kursus Bahasa Inggris Bersertifikat CEFR

30 September 2019

aplikasi kursus bahasa Inggris

Bahasa merupakan skill. Bukan sekadar pengetahuan. Layaknya skill lain pada umumnya, maka keterampilan berbicara hanya bisa dikuasai dengan action, melatih semua indra. Tentu nggak bisa dikuasai dengan hanya membaca buku dan asal tahu saja.

Coba saja samakan dengan belajar berenang, memangnya bisa belajarnya hanya dengan membaca buku panduan? Tentu harus praktik langsung kan? Sama halnya dengan belajar bahasa Inggris, jadi kita perlu banget ada pengarahan, take a course dan punya partner belajar.

Dulu waktu aku masih SMA dan mahasiswi, aku rutin mengikuti course which is lebih ke kursus online. Namun sayangnya, dulu itu nggak ada English online course yang menerbitkan sertifikat resmi. Padahal, salah satu pembuktian yang paling kuat dari keterampilan berbahasa seseorang adalah sebuah sertifikat resmi.

Nah belakangan ini aku mengenal Neo, sebuah aplikasi yang mampu menarik perhatianku banget. Terkesan sangat profesional, aku pun akhirnya mencoba aplikasi kursus bahasa Inggris yang satu ini.

Tentang Neo


Neo merupakan sebuah aplikasi kursus bahasa Inggris berbayar yang dikembangkan oleh Nexgen English Online co yang didesain untuk bisa cocok bagi segala kalangan usia, level skill berbahasa Inggris dan latar belakang dengan harga yang masuk akal.

Cara Kerja Neo


Aku sudah instal aplikasi ini dan mencoba menggunakannya langsung. Pertama yang perlu kalian tahu tentang aplikasi ini. Ada 3 tombol utama di homepage yaitu Placement Test, Watch Video dan Sign in. Nah, apa sih yang seharusnya dilakukan duluan? Bikin akun atau latihan langsung? Gini nih!

Neo aplikasi kursus.jpg


1. Click and Take Placement Test First


First and foremost, kamu harus nyoba placement test dulu. Tes penempatan ini tentu bertujuan untuk mengetahui sampai sejauh mana atau ada di level mana kemampuan berbahasa Inggris kamu. Oh ya anyway, placement test akan mengarah pada website yang akan terbuka otomatis di browser yang usually kamu pakai.

Kemudian, kamu akan diberi waktu sekitar 20 menit untuk menjawab sejumlah soal. Soal disajikan dalam 2 bentuk yaitu listening dan fill in the blank. Soal tersebut di-display dari yang easy - hard. Mostly, aku suka dengan tipe-tipe soal yang disajikan tersebut karena kadang tanpa a question at all di mana kita bener-bener diuji buat mikir apa yang sekiranya berhubungan.

Walaupun hanya memuat 2 jenis pertanyaan, tapi itu udah bisa banget meng-cover berbagai language elements contohnya saja di sana ada pertanyaan yang berhubungan dengan tenses, makna, word choices, dan lain-lain.

Setelah 20 menit berakhir atau setelah kamu selesai menjawab semua soal, maka kamu akan langsung bisa melihat nilaimu. Nah, penentuan nilai ini dimulai dari A1 - A2 - B1 - B2 - C1 di mana C1 lah yang paling tinggi. 


aplikasi kursus bahasa Inggris

Neo Study

CEFR Score


2. Create an Account


Setelah hasil tes kamu terlihat, akan ada 2 tombol di bagian bawah yaitu Continue dan Share. Nah, untuk membuat akun di Neo, kamu harus klik Lanjut. Di sana, kamu akan diarahkan untuk mengisi data kamu, verifikasi email, verifikasi nomor telepon dan lain sebagainya. Sama aja kok dengan step buat akun di website lainnya.

Nexgen English Online Co.

aplikasi belajar bahasa Inggris

3. Try Before You Buy


Setelah proses verifikasi selesai dan kamu dinyatakan mempunyai akun, kamu akan mendapati sebuah tombol Try Before You Buy. Ini merupakan fitur terbaru dari Neo yang memungkinkanmu untuk mendapatkan fasilitas 15 hari akses, 2 token untuk sesi live bersama coach dan kamu bisa upgrade ke kursus berbayar tanpa kehilangan track belajarmu.

Di sini, tentu saja aku sudah mencoba si fitur baru ini. Sayang banget kalau dilewatkan soalnya. kesempatan banget aku bisa eksplor sebanyak-banyaknya selama 15 hari. Pertanyaannya sekarang, gimana sih materi yang disajikan oleh sistem Neo ini?

Kalau kamu kira kamu akan disuguhi dengan materi tertulis yang panjang dari A-Z, tentu kamu salah. Itu metode belajar lama tentunya. Metode belajar yang digunakan sangat fresh, sesuai dengan yang aku ucapkan di awal-awal tadi yaitu bahasa Inggris ini perlu action langsung, nggak bisa hanya dibaca dan sekadar tahu.

So, kita sebagai pembelajar akan diarahkan ke pembelajaran yang aktif. Keempat komponen berbahasa (listening, speaking, reading, writing) disajikan dengan sedemikian rupa sehingga nggak bakal ada rasa bosan ataupun kesulitan. 

Kenapa nggak sulit, ingat sekali lagi kalau di awal kita sudah placement test, Neo sudah punya data sampai sejauh mana skill dan materi yang disajikan tentu berdasarkan level kita tersebut. Bahkan ketika membuka aplikasinya pun, level kita terpampang nyata di sana.

Sejauh yang telah aku coba, ada 1 hal yang unik dari aplikasi ini. Kamu nggak akan menemui list materi yang disajikan seperti misalnya “word building”, “tenses”, “phrasal verbs”. Dengan kata lain, kamu nggak bisa memilih pelajaran mana yang mau kamu pelajari duluan.

Sebaliknya, sistem Neo yang akan memberikanmu materi step by step sesuai dengan skill kamu dan sesuai dengan tujuan utama, yaitu naik level, dan mendapatkan sertifikasi CEFR. Jadi, kamu nggak perlu pusing, kamu tinggal follow the rules aja.

fitur baru aplikasi Neo

uji coba Neo Study


Kalau Memutuskan untuk Membeli, Apa yang Akan Didapatkan?


Kalau kamu suka dan memutuskan untuk buy, maka kamu akan mendapatkan fasilitas Studying, Coaching dan Certifying tanpa batas atau sesuai dengan standar yang dibuat oleh sistem Neo. Untuk Studying, Neo menyarankan kamu untuk belajar dengan waktu yang singkat namun sering yaitu selama 30-45 menit dari total 3 jam setiap minggunya melalui Neo Plan.

Sesi Coaching merupakan sesi di mana kamu bisa bertatapan muka secara daring dengan coach dilakukan selama 25 menit setiap 2 Minggu. Data dan perkembanganmu dalam pembelajaran pun selalu di-update oleh Neo dan dikirimkan ke pelatih.

Kenapa Sih Harus Belajar di Neo?


Alasan pertama yang membuat Neo ini sebagai media belajar yang efektif adalah cara menyajikan materi yang fresh dan bagus. Rasanya belajar bahasa Inggris jadi menyenangkan dan nggak membosankan.

Kedua, Neo menggunakan teknologi AI untuk merekam dan menganalisis proses belajar yang kita lakukan. teknologi ini membuat Neo mampu menyesuaikan konten belajar dan memastikan bahwa kita sudah benar-benar menguasai materi sebelum lanjut ke pelajaran yang harder. 

Alasan ketiga yang sebenarnya paling utama adalah sertifikasi bahasa Inggris Internasional CEFR yang bisa kita dapatkan jika berhasil melewati seluruh proses pembelajaran dengan baik. 

Apa Itu CEFR?


CEFR merupakan cara untuk mengukur kefasihan berbahasa Inggris di seluruh negara Uni Eropa. CEFR ini merupakan singkatan dari Common European Framework of Reference for Languages. 

Berdiri sejak 2001, kini CEFR sudah diakui, dipakai, disahkan setara dengan TOEFL dan IELTS. CEFR pun akan menerbitkan sertifikat yang dikeluarkan oleh DynEd yaitu platform digital tes bahasa Inggris yang memang sudah dikenal. 

Sertifikat ini tentu saja bisa kamu gunakan untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri khususnya Amerika Serikat dan Eropa yang sudah menerapkan CEFR sebagai salah satu syarat administrasinya.

CEFR

Gimana Supaya Bisa Dapat Sertifikat CEFR?


Kamu harus mengumpulkan poin setiap minggu, rutin studying dan coaching. Jika memang sudah mencukupi, maka Neo akan memberitahumu untuk mengambil tes. Setelah itu, sertifikat CEFR yang berisi hasil tes kamu akan segera dikirimkan melalui email dalam bentuk digital.

contoh sertifikat CEFR


Siapapun Bisa Kursus di Neo dengan Program Cicilan!


Untuk bisa mendapatkan semua fasilitas yang sudah dijelaskan di atas tadi, kamu bisa mendaftar kursus dengan biaya yang lebih ringan dengan cara dicicil. Jadi, Nexgen English Online Co. telah menjalin kerjasama dengan Kredivo dan meluncurkan program cicilan 12x melalui DOKU selaku channel pembayaran.

Hal ini dilakukan sebagai salah satu dukungan Nexgen dan Kredivo terhadap program pemerintah dalam upaya meningkatkan SDM dan untuk menjawab tantangan industri 4.0 dan mendukung rencana pemerintah untuk menjadikan Indonesia negara ekonomi terbesar ke-4 di dunia di tahun 2045.

My Personal Opinion about Neo


Sebagai salah satu pembelajar bahasa Inggris, aku sangat menyambut hangat aplikasi Neo ini. Secara tidak langsung, Nexgen sudah sangat membantu masyarakat untuk dapat lebih maju dan meningkatkan SDM yaitu dalam hal kemampuan berbahasa asing.

Metode dan penyusunan materi yang diterapkan sudah efektif dan mampu menjaga minta pembelajar. Sistem dan teknologi yang digunakan juga sudah sangat bagus apalagi dengan layanan terbitnya sertifikat ini tentu sangat membantu sekaligus menjadikan Neo sendiri sebagai tempat terpercaya untuk kursus bahasa Inggris online.

Try and download it now!



22 komentar

  1. wah aku baru denger tentang Neo ini mbak, ini berguna untuk karyawan yang susah meluangkan waktu untuk kursus ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget. Belajar dengan fun bisa dimana saja dan kapan saja mbak.

      Hapus
  2. wah bagus juga ni, baru tau ada aplikasi kursus english NEO ini, aku mau coba ahh nanti aku download

    BalasHapus
  3. Download ah kebetulan lagi nyari aplikasi buat kursus bahasa inggris gini biar bahasa inggrisku ga semrawut kayak sekrang hihi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha siap mbak. Ada layanan coach juga yang membuat kita ga cuma belajar mandiri, tapi juga dibimbing.

      Hapus
  4. Aku baru tau ada aplikasi untuk belajar bahasa inggris hehe bermanfaat banget soalnya aku mau latih lagi bahasa inggrisku wkwk udh lama ga diasah

    BalasHapus
  5. Mantep banget sekarang kursus inggris aja bisa via online ya. Berguna banget buat yg pny jadwal padat nih.

    BalasHapus
  6. Aplikasi bagus buat meningkatkan skill berbahasa Inggris yah. Download ah lumayan banget mengasah skill ini lagi hihi..

    BalasHapus
  7. Sekarang belajar bahasa Inggris jadi makin gampang ya, beb. Semua ada dalam genggaman. Tinggal kitanya aja yang proaktif.

    BalasHapus
  8. asyik banget bs coba gratis selama 15 hari. lumayan loh bs asah otak. kalau begini mah pasti bakal lanjut yg berbayar karena pastinya pengajaran bahasa asingnya makin mendalam

    BalasHapus
  9. Kursus bahasa inggriinggris jaman now mah bisa liwat aplikasi di gadget ya, belajar lebih nyaman juga

    BalasHapus
  10. baru tahu aplikasi ini, pasti bermanfaat banget buat yang mau belajar bahasa inggris ya dan simple ga harus keluar rumah, bisa online

    BalasHapus
  11. wah keren niih jadi kursus online gitu yaa? bisa jadi solusi buat yang males keluar rumah kayak aku XD

    BalasHapus
  12. kaaak thankyou banget udah share inu. beberapa minggu ini aku emang lagi nyari course english online dan dan akhirnya nemum thankyou bgttt kak♥️

    BalasHapus
  13. kau baru tau nih soal aplikasi ini, mau download juga ah, pengen banget nyobain soalnya heheh, praktis jadinya ya

    BalasHapus
  14. keren ya sekarang buat kursus bahasa inggris aja udah bisa via aplikasi jadi lebih praktis buat orang2 yang pada sibuk. bermanfaat banget beb infonyaaa, thanks for sharing :)

    BalasHapus
  15. Wah asyik nih kelas bahasa by aplikasi ya, kayak ruang guru gitu. Jadi.penge. Liat liat deh buat anakku

    BalasHapus
  16. Aplikasi ini bagus sekali ya Jadi bisa membuat kita belajar bahasa Inggris dengan lebih mudah dan lebih menyenangkan

    BalasHapus
  17. Aku harus segera download ini aplikasinya, biar tetep update bisa komunikasi Inggrisnya :)

    BalasHapus
  18. Kebetulan nih mau test toefl. Aplikasinya berguna banget buat belajar toefl.

    BalasHapus

Hi,
Kalau ingin berkomentar menggunakan opsi akun Google, pastikan profile blogger kamu berstatus publik (bisa dilihat orang lain).

Jika tidak, maka nama kamu akan di-display menjadi "Unknown" dan mohon maaf, komentarnya tidak bisa aku approve dan balas karena menyebabkan broken link.

Thanks